Rabu, 28 Oktober 2015

Kesan-kesan kuliah dan bekerja sebagai lulusan sarjana akuntansi

Mungkin teman-teman bertanya apa c enaknya kuliah akuntansi atau bagaimana rasanya jika kita ambil jurusan akuntansi.

Saya adalah lulusan jurusan akuntansi tahun 2010 (lama yah :p) di STIE Kesatuan Bogor, waktu awal saya gak pernah berpikir mau ambil jurusan akuntansi, bisa dibilang waktu SMA saya ga tau mau kuliah jurusan apa, saya hanya berpikir jurusan apa yang gak terlalu mahal dan gampang bekerja jika sudah lulus.

Setelah mendengar guru waktu SMA pernah bilang kalau lulusan sarjana ekonomi adalah lulusan yang mudah cari kerja karena semua perusahaan mau kecil atau besar pasti butuh yang namanya pembukuan dan laporan keuangan, jadi semenjak itu saya putuskan untuk ambil jurusan ekonomi khususnya akuntansi.

2006 saya masuk kuliah awalnya kita mengikuti MOS (bahasa saat itu) MOS dikesatuan ga terlalu berlebihan c biasa aja jadi ga usah takut :D

Selama 4 tahun kuliah sebenernya saya kurang mengerti fungsi akuntansi dalam sebuah perusahaan, saya menjalaninya kaya jaman SMA or SMP saja hanya mengikuti pelajaran, kerjain tugas dan pulang :D
Saran saya c ada baiknya jika kita mampu kuliah sambil kerja karena lebih kerasa ilmu yang disampaikan sama dosen dan kita jadi bisa tukar pikiran dengan dosen karena kita sudah tahu kondisi lapangannya.

Pertama kali kerja puji Tuhan saya kerja sesuai dengan latar belakang saya yaitu sebagai staf akuntansi dan keuangan di BTCO-Hotel salak. Perusahaan ini bergerak dibidang jasa, jadi untuk pencatatan akuntansinya lebih mudah (hal yang harus dipahami adalah jurnal dasar karena semua berpatokan disana, jadi teman-teman usahakan mengerti jelas jurnal dasar). Disini saya pegang all in dari ke bank, jurnal, pajak sampai membuat laporan keuangan, jika teman baru pertama x kerja lebih baik cari yang sampai membuat laporan keuangan karena itu nilai plus yang kita punya.

Lapangan kerja yang biasa dibutuhkan dibidang akuntansi adalah
1. Staf akuntansi (biasanya menjurnal baik pakai sistem maupun manual)
2. Staf akuntansi biaya/cost accounting (jika minat melamar disini dianjurkan menguasai mata kuliah akuntansi biaya yah teman, jika kita menguasai akuntansi biaya ini biasanya dipandang apalagi memiliki pengalaman, biasanya bekerja diperusahaan manufaktur untuk salary biasanya lebih tinggi karena aspeknya luas)
3. Staf pajak, tentu aja ini kita harus menguasai mata kuliah perpajakan, walau kelihatan sulit saat kuliah tapi saat praktek tidak terlalu teman kita hanya perlu rajin konsultasi ke AR pajak di kantor pajak aja jika menemukan kesulitan
4. Audit, ini adalah posisi yang belum pernah saya coba karena kebanyakan seorang auditor dikirim ke luar kota tapi rata-rata jika ingin menjadi auditor kita harus punya pengalaman di semua posisi yang diatas karena dengan kita mengerti kerjaan yang diatas maka menurut saya untuk menjadi auditor lebih mudah.

Tempat ke-2 yang saya pernah coba adalah perusahaan AMDK (air minum dalam kemasan) perusahaan manufaktur tapi speknya kecil karena bahan bakunya hanya air gak lebih jadi perhitungan HPPnya juga tidak terlalu sulit, tapi intinya saya mengerti kerjaan di perusahaan manufaktur.

Tempat ke-3 yang saya pernah coba adalah perusahaan retail HP ini lebih mudah sebenarnya karena kita hanya sebagai distributor dan pencatatannya ga terlalu rumit.

Tempat ke-4 yang saat ini saya tekunin adalah pajak, saat ini saya diperusahaan distributor keramik. pajak saya pertama pegang saat ditempat pertama dan itu 4 tahun yang lalu namun tidak terlalu banyak berubah dari pelaporannya hanya beda saat ini kita menggunakan sistem online.

Semua bisa kita pahami kok jika kita mau belajar dan ambil tantangan guys..
Semangat.. itulah kesa-kesan saya seputar AKUNTANSI semoga bermanfaat.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar